Nurul Islam

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Jangan lupa untuk selalu membekaskan kata syukur di lubuk hati terdalam, karena berkat kasih sayang Tuhan yang tak bersyarat, manusia telah menjadi makhluk paling mulia di muka bumi ini.

Semoga shalawat dan shalawat senantiasa mengalir kepada pembawa risalah Nabi Besar Muhammad SAW.

Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam merupakan lembaga pendidikan formal yang mengikuti kurikulum Kementerian Agama Republik Indonesia dan Kementerian Pendidikan Nasional. Untuk keunikannya, kami menyiapkan kurikulum tersendiri yang merupakan kurikulum tersembunyi. Selain mendidik siswa dalam bidang akademik dan pengembangan diri, kami juga fokus pada pendidikan karakter yang harus dikembangkan dan dibiasakan sejak dini. Dengan adanya karakter yang baik diharapkan dapat mempengaruhi prestasi siswa dalam berbagai bidang. Unsur spiritual juga kita tanamkan dan praktikkan dalam aktivitas kita sehari-hari. Tujuannya agar peserta didik tumbuh menjadi manusia yang selalu dekat dengan Sang Pencipta Yang Maha Esa, Allah SWT. Website Islampluss.com ini merupakan sarana untuk belajar tentang MI.

Nurul Islam lebih dekat. Kami selalu berusaha dan berinovasi untuk meningkatkan kualitas MI. Nurul Islam tentunya dengan mencermati kemajuan dan perkembangan dunia secara luas. Semoga dengan semakin dekatnya kita menjangkau dunia, kita akan membuka peluang-peluang baru demi masa depan yang lebih baik bagi putra-putri bangsa kita.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

SEJARAH MADRASAH NURUL ISLAM:

Nurul Islam

Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam merupakan lembaga pendidikan berkarakter Islam yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Nur Asy-Syafi’iyah (YASPINA) Rempoa dan menempati tanah wakaf seluas 3.500 m2 (tiga ribu lima ratus meter persegi).

Lembaga yang merupakan sumbangan almarhum Bapak H. Nidin bin H. Toblo ini didirikan pada bulan Agustus 1965 sebagai sarana pembelajaran agama berupa Madrasah Diniyah yang bermula dari tiga ruang kelas sederhana yang tercipta atas swadaya masyarakat. Pada tahun 1975 dibangun enam ruang kelas permanen yang juga murni berbasis masyarakat, dengan luas masing-masing ruang kelas 8 x 7 m (delapan x tujuh meter).

Seiring dengan meningkatnya kepercayaan dan minat masyarakat terhadap Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam, serta adanya bantuan stimulus dari pemerintah, renovasi dan penambahan ruang kelas baru mulai dilakukan untuk menampung jumlah siswa yang semakin meningkat.

Saat ini (tahun 2020) di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam terdapat empat belas ruang kelas, yaitu ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang laboratorium komputer dan perpustakaan, dengan jumlah siswa sebanyak 438 (empat ratus tiga puluh delapan) orang.

VISI DAN MISI:

Nurul Islam

Visi umumnya dirumuskan dalam kalimat-kalimat yang bersifat filosofis, khas dan mudah diingat. Perumusan visi MI. Nurul Islam adalah:

“Terwujudnya Manajemen Berbasis Sekolah yang Efektif dan Efisien untuk Menghasilkan Peserta Didik Berbasis Imtaq dan IPTEK”.

MISI:

Penting untuk menjalankan misi dalam bentuk operasi jangka panjang yang terarah dengan jelas untuk mewujudkan visi tersebut. Misi yang diemban MI. Nurul Islam adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan sistem administrasi madrasah yang akuntabel, transparan, dan efisien
  2. Meningkatkan sumber daya manusia yang tersedia bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya
  3. Mengembangkan jaringan dengan berbagai pihak secara produktif
  4. Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam kegiatan belajar mengajar.
  5. Menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai ibadah dan akhlak
  6. Memperkaya kegiatan belajar mengajar dengan memasukkan unsur ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan penerapan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).
  7. Melengkapi infrastruktur yang memadai
  8. Melaksanakan kegiatan pengembangan diri secara optimal.
  9. Melaksanakan program bahasa Arab dan Inggris untuk diterapkan dalam percakapan sehari-hari.
  10. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik

TUJUAN MADRASAH:

Nurul Islam

Tujuan umum Madrasah adalah:

  • Terselenggaranya pengelolaan madrasah yang transparan, akuntabel, dan efektif
  • Meningkatkan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan
  • Pengembangan jaringan yang produktif dengan berbagai pihak
  • Integrasi nilai-nilai Islam dalam kegiatan belajar mengajar
  • Nilai-nilai ibadah dan akhlak dipupuk dan dikembangkan
  • Kegiatan belajar mengajar diperkaya dengan memasukkan unsur ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan penerapan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).
  • Dilengkapi dengan infrastruktur yang memadai
  • Terlaksananya kegiatan pengembangan diri secara optimal.
  • Implementasi program bahasa Arab dan Inggris untuk diterapkan dalam percakapan sehari-hari.
  • Peningkatan prestasi akademik dan non akademik.

TUJUAN MI. NURUL ISLAM(KHUSUS):

  • Mampu shalat lima waktu.
  • Mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
  • Hormati orang yang lebih tua dan cintai
  • Pembentukan tim olahraga dan seni sebagai program
  • Mampu bersaing untuk memasuki level selanjutnya.
  • Mengenal dasar-dasar bahasa Arab dan Inggris.
  • Mampu bersaing dalam bidang ilmu pengetahuan dan kecakapan hidup.
  • Suka kebersihan dan keindahan.