SD Islam Terbaik Di Malang

SD Islam terbaik di Malang selalu dicari oleh para bapak dan ibu yang ingin menyekolahkan anaknya. Apalagi Malang dan Batu dikenal sebagai kota pelajar karena banyaknya universitas dan pesantren terbaik.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami ingin merangkum 9 SD Islam terbaik di Malang beserta biayanya. Apa yang dikumpulkan Islampluss.com didasarkan pada peringkat Google, ulasan di Internet, survei pribadi, dan situs resmi lembaga pendidikan. Dan jangan lupakan penilaian subjektif kami.

9 SD Islam Terbaik Di Malang

1. SD MIN 1 Malang

Tidak lazim Madrasah Negeri menjadi sekolah Islam terbaik, tapi MIN Malang tidak. SD Islam ini dikenal sebagai SD favorit di Malang karena prestasinya dan pendidikan agama Islam yang diajarkan di sana.

Yang menjadikan sekolah ini sebagai SD Islam terbaik di Malang adalah prestasinya. Dalam satu tahun Anda bisa mencapai lebih dari 50. Sepertinya Anda sudah berlangganan kompetisi. Dan jika biasanya pesantren unggul di bidang PAI, tidak demikian halnya dengan MIN 1 Malang yang juga banyak berprestasi di bidang ilmu pengetahuan.

Tingkat pencapaian tersebut merupakan rata-rata provinsi. Untuk kota Malang sudah terlalu banyak juaranya. Seperti juara Olimpiade Sains Jawa Timur 2016-2017, Medali Perunggu kompetisi matematika realistik tingkat nasional ke-14. Dan masih banyak lagi.

Satu kelas memiliki sekitar 28 anak, dan menerima jalur unggul dan jalur reguler. Seperti universitas, bukan?

2. SD Islam Sabilillah

SD Islam Terbaik Di Malang

SD Islam Sabilillah juga merupakan salah satu SD Islam terbaik di Malang. Sekolah dasar ini menerapkan pendidikan Islam yang kental, mulai dari pendidikan kebiasaan berwudhu dan shalat lima waktu, pembelajaran mengaji dan khatam di kelas 4, serta pendidikan mengaji juz 30 beserta beberapa surat pilihan lainnya.

Untuk prestasinya, SD Islam Sabilillah juga bagus. Sekolah dasar ini tidak hanya meraih prestasi di tingkat nasional, namun juga di tingkat internasional, seperti pada tahun 2017 ketika berhasil meraih medali di Xiamen, Tiongkok. Pada tahun 2019 ia juga berhasil meraih medali di Jepang pada kompetisi World Mathematic Invitational. Oleh karena itu, kinerja SD Islam swasta di Malang cukup baik. Tidak hanya kota, provinsi tetapi juga nasional dan internasional.

Biaya masuk SD Islam Sabilillah sekitar Rp 13.000.000. Sedangkan biaya kuliahnya sekitar Rp 900.000. Ini mungkin berbeda tergantung pada tahun ajaran Anda mendaftar.

3. SD Anak Sholeh Jl. Rumba

SD Islam swasta di Malang ini bisa dikatakan terbaru, karena didirikan sekitar tahun 2014. Dibandingkan sekolah lain, SD ini memang belum banyak dikenal. Namun ada beberapa hal yang menjadikan kami memasukkan SD Anak Sholeh sebagai SD Islam terbaik di Malang.

Pertama, tempatnya nyaman, apalagi ruang terbukanya lebih luas dibandingkan SD sejenis. Bagi anak SD, hal ini merupakan sebuah keuntungan. Meski pintu masuk sekolah ini dari jalan utama sangat tidak nyaman.

Kedua, prestasi yang diraih sekolah ini cukup membanggakan walaupun tergolong baru, seperti pada Omnas 8 yang dilaksanakan di Surabaya, SD Anak Shaleh berhasil meraih juara ketiga, dan perunggu pada bidang Matematika. Sains memenangkan emas, dan Inggris memenangkan perak. Berikutnya publikasi sekolah ini cukup bagus, bekerjasama dengan Arema Malang.

Kami masih berusaha menggali informasi mengenai biaya masuk SD Anak Shaleh Malang beserta biaya pendidikannya.

4. SD Insan Amanah

SD Insan Amanat merupakan salah satu SD Islam terbaik di Malang. SD ini mempunyai pendidikan agama seperti yang lainnya. Ada pendidikan salat, budaya wudhu, dan pendidikan Al-Quran metode Ummi yang pada akhirnya akan ada ujian umum.

SD Insan Amanah sebagai institusi sekolah juga cukup baik, diantaranya berhasil meraih juara 3 kompetisi budaya mutu nasional kategori SD Swasta Komponen Pembelajaran. Untuk mencapai hal tersebut, banyak aspek yang harus dilalui, seperti pengelolaan sekolah, proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan lain sebagainya. Artinya, aspek-aspek tersebut sudah sesuai standar nasional.

Sayangnya, kami belum bisa mendapatkan tiket masuk SD Insan Amanah Malang. Biaya pendidikan juga sama karena website sekolah saat kami akses sedang dalam maintenance.

5. SDIT Insan Permata

SD Islam Terbaik Di Malang

SD Islam terpadu terbaik di Malang lainnya adalah SDIT Insan Permata. Ini memang sekolah Islam yang menetapkan beberapa standar utama. Diantaranya yang kita sukai adalah membaca, dan akhlak yang baik.

Untuk pembelajaran Al Quran di sekolah ini tidak hanya wajib menghafal juz 30 saja, namun beberapa ayat pilihan yang ada di Juz 29. Serta lancar membaca Al Quran dengan tartil. Sehingga setiap siswa mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar di sekolah ini.

Nah untuk biaya pendaftaran SDIT Insan Permata atau tiket masuk SDIT Insan Permata ini memiliki sistem yang unik karena ada beberapa kategori. Mulai dari Rp11.000.000 hingga Rp17.000.000. Biaya kuliahnya pun bervariasi, mulai dari Rp 450.000 hingga Rp 850.000.

6. SD Modern Ar Rifa’i Gondanglegi

Jika Anda menginginkan SD yang bernuansa Nahdhatul Ulama, maka SD Modern Ar Rifa’i menjadi salah satu pilihan di Malang. Sekolah ini berbasis pada Pondok Pesantren Ar Rifa’i yang terkenal dengan aspek tahfidz Quran.

Kelebihan dari sekolah ini adalah tempat pendidikannya yang berdekatan dan menyatu dengan masjid yang besar dan megah. Hal ini memang menjadi sebuah keuntungan bagi sekolah dasar Islam. Sebab mengamalkan shalat, berwudhu, dan amalan ibadah lainnya akan menjadi lebih mudah.

Kelas juga dibuat dengan model skala kecil, dalam satu kelas tidak banyak, hanya sekitar 20, lalu satu kursi per siswa. Modelnya full day school, jadi siswa lebih banyak tinggal di sekolah. Hanya saja, kita belum bisa mengakses banyak prestasinya baik secara akademik maupun non-akademik

7. SD Unggulan Al Ya’lu Blimbing

SD Islam Terbaik Di Malang

SD unggulan Al Ya’lu Blimbing tidak hanya sebatas sekolah Islam yang mengedepankan pendidikan agama. Namun pendidikan formal dan prestasi juga diutamakan. Hal inilah yang menjadi nilai tambah SD Islam unggul di Malang ini.

Pada tahun 2018, SD Unggulan Al Ya’lu berhasil meraih salah satu nilai tertinggi untuk SD MI kota Malang dengan total nilai 260,05. Nilai rata-ratanya berhasil menduduki peringkat nomor teratas. Sehingga membuat semua orang yang ada di dalamnya bangga.

Bahkan di papan ini berhasil mengungguli beberapa SD lainnya yang kami sebut sebagai SD Islam terbaik se-Malang Raya. Bahkan prestasi tersebut tidak hanya diraih sekali saja, melainkan berhasil hingga 10 kali lipat. Spesial. Salah satu rahasianya adalah sekolah ini memang membimbing bidang Matematika dan Sains.

8. Al Azhar 56 Kedungkandang

Siapa yang tak kenal SD Al Azhar. Sekolah Islam ini pantas menjadi salah satu pilihan terbaik di Malang. SD ini mempunyai keunggulan dengan menjuarai beberapa ajang bergengsi. Seperti medali emas Kangaroo International Mathematical Olympiad. Juga perak di Olimpiade Matematika Realistik Nalaria.

Sasaran pembelajarannya antara lain hafalan juz 30, khatam dan tartil membaca Alquran. Lancar dalam membaca dan menulis. Lancar berbahasa Indonesia dan Inggris.

Fasilitas memang menjadi masalah, tidak diragukan lagi. Al Azhar memiliki fasilitas yang mumpuni dan terintegrasi. Meski tidak mewah. Biaya masuk tahun ajaran 2023-2024 sekitar Rp 18.500.000. Biaya kuliah bulanan sebesar Rp 1.350.000

9. SD Al Kautsar

Ini merupakan sekolah yang unik karena siswanya akan dikelompokkan berdasarkan kecerdasannya masing-masing di kelas tertentu. Jika saya pandai dalam bidang seni, maka saya akan dikumpulkan dalam bidang itu. Begitu pula dengan siswa lain yang mempunyai kecerdasan yang sama.

Kedua fasilitas sekolah ini cukup baik. Bahkan memiliki kolam renang di dalam kompleks. Ditambah suasananya yang nyaman, pepohonan hijau dan rerumputan yang terhampar. Meski bukan sekolah alam, namun sekolah ini cukup baik dalam mengatur suasana indoor dan outdoor. Di sekolah ini rasanya hanya sekedar bermain.

Nah yang terakhir SD jarang ada PR, memang ada tapi tidak terlalu sering. Orang tua bingung kalau anaknya PR banyak, rasanya yang dikerjakan orang tua, bukan anak.