Sekolah Islam Di Bandung

Saat ini, sekolah Islam semakin diminati oleh para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya karena sekolah Islam memiliki standar kurikulum yang lebih baik dibandingkan sekolah negeri. Tak terkecuali sejumlah sekolah Islam yang berstandar baik di Bandung. Berikut ulasan Islampluss.com tentang Sekolah Islam Di Bandung.

Sejarah Daerah Bandung

Nama Bandung berasal dari kata bedung atau bendungan, hal ini dikarenakan kawasan Bandung terbentuk dari aliran lahar letusan Gunung Sunda yang menghalangi aliran Sungai Citarum.

Sedangkan dalam filsafat Sunda, kata Bandung diambil dari kata suci. yaitu Nga-Bandung-an Banda Indung yang artinya tempat yang dihuni sekelompok makhluk hidup dan mati di Ibu Pertiwi dan disaksikan oleh Yang Maha Kuasa.

Dahulu Krapyak (sekarang Dayeuhkolot) merupakan pusat perekonomian dan merupakan ibu kota kabupaten Bandung. Saat itu, Bandung juga menjadi pusat kegiatan KTT Asia-Afrika.

Pembangunan Permukiman di Kawasan Bandung

Sekolah Islam Di Bandung

Dalam 20 tahun terakhir, kawasan Bandung berkembang pesat menjadi kota jasa dan pariwisata. Perkembangan wilayah Bandung dari berbagai aspek menjadi pusat perekonomian. ay

Pemerintah pusat ingin menjadikan Bandung sebagai pusat kegiatan jasa ekonomi, pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif berbasis pendidikan dan teknologi tinggi.

Semakin pesatnya perkembangan permukiman di wilayah Bandung semakin memungkinkan semakin banyaknya fasilitas umum seperti jalan angkutan umum, rumah sakit, tempat ibadah, dan sekolah.

Sekolah Islam di wilayah Bandung:

Pesantren di Bandung dan sekitarnya mulai mengalami perkembangan pada tahun 1901-1942.

Dalam perkembangan pada masa penjajahan memang banyak sekali kendala dalam penyelenggaraan pesantren, tidak hanya di Bandung namun hampir di seluruh wilayah nusantara.

Hingga saat ini, tidak kurang dari 50 Sekolah Islam Di Bandung yang merupakan sekolah berbasis Islam mulai dari TK hingga SMA. Hal ini menjadi bukti bahwa pendidikan berbasis Islam semakin digemari oleh orang tua siswa di Bandung.

Mengapa di Bandung banyak sekali sekolah Islam?

Sekolah Islam Di Bandung kini tidak hanya didominasi oleh sekolah negeri atau sekolah swasta, namun sekolah berbasis pendidikan Islam juga mulai bermunculan.

Di Bandung, banyak terdapat pesantren di wilayah bandung dikarenakan jumlah penduduk yang semakin padat dan semakin banyaknya orang tua siswa yang percaya terhadap konsep, visi kurikulum, dan misi pesantren, khususnya yang memiliki sistem pesantren tempat para santrinya dilatih. 24 jam sehari dalam suasana kondusif.

Konsep Sekolah Islam:

Sekolah Islam memiliki konsep dimana siswa diberikan pengetahuan dan penerapan aturan dan hukum Islam.

Konsep pesantren merupakan akumulasi dari berbagai proses kebudayaan, perkembangan, pewarisan, dan ajaran Islam.

Kurikulum sekolah Islam masih sesuai dan mengacu pada Departemen Pendidikan Nasional, sehingga banyak orang tua siswa yang tertarik memilih sekolah Islam untuk pendidikan anaknya.

Visi dan Misi Sekolah Islam

Visi dan misi pesantren memang terlihat berbeda dalam bentuk penyampaiannya, namun pada hakikatnya visi pesantren adalah melahirkan generasi Al-Qur’an yang cerdas, mandiri, unggul dan berwawasan global.

Misi Sekolah Islam Di Bandung adalah menjadikan peserta didik menjadi intelektual yang berakhlak mulia dan berjiwa Islam serta mampu bersaing di era modernisasi.

Daftar Sekolah Islam di Bandung :

Meningkatnya jumlah sekolah Islam di wilayah Bandung tidak lepas dari semakin meningkatnya minat para orang tua yang ingin anaknya bersekolah di sekolah Islam.

Berikut daftar pesantren di Bandung beserta keunggulan dan kurikulumnya.

1. SMA Islam Al-Azhar

Sekolah Islam Di Bandung

SMA Islam Al-Azhar merupakan salah satu sekolah Islam terkemuka di Bandung. Sekolah ini menawarkan program pendidikan komprehensif berdasarkan nilai-nilai Islam. Selain fokus pada pendidikan akademik yang berkualitas, SMA Islam Al-Azhar juga mengedepankan pendidikan agama dan karakter Islami. Sekolah ini memiliki fasilitas yang lengkap dan guru yang berpengalaman untuk menunjang proses pembelajaran yang efektif.

2. SMP Islam Terpadu Nurul Fikri

SMP Islam Terpadu Nurul Fikri merupakan salah satu Sekolah Islam Di Bandung terkemuka di Bandung. Sekolah ini menawarkan kurikulum yang terintegrasi antara pendidikan Islam dan pendidikan umum. Selain pembelajaran akademis yang komprehensif, SMP Islam Terpadu Nurul Fikri juga menekankan pada pengembangan karakter dan kepribadian Islami.

3. SD Islam Terpadu Harapan Umat

SD Islam Terpadu Harapan Umat merupakan salah satu SD Islam ternama di Bandung. Sekolah ini menawarkan kurikulum yang memadukan pendidikan Islam dan kurikulum nasional. Dengan pendekatan holistik, SD Islam Terpadu Harapan Umat mendorong siswa untuk berkembang secara akademis, sosial dan spiritual.

4. TK Islam Terpadu Al-Fityan

Sekolah Islam Di Bandung

TK Islam Terpadu Al-Fityan merupakan salah satu TK Islam yang populer di Bandung. Sekolah ini mengutamakan ajaran Islam dalam program pendidikannya. Dengan suasana yang kondusif dan guru yang berpengalaman, TK Islam Terpadu Al-Fityan memberikan pendidikan awal yang baik kepada anak dengan pendekatan Islami.

5. Pondok Pesantren Modern Darussalam

Pondok Pesantren Modern Darussalam merupakan salah satu pondok pesantren ternama di Bandung yang mempunyai pendidikan formal dari tingkat SD hingga SMA. Santri di pesantren ini mendapatkan pendidikan Islam yang holistik, dengan penekanan pada pengembangan akademik dan spiritual.

Kesimpulan:

Jika Anda mencari Sekolah Islam Di Bandung, sebagian besar pilihan yang tersedia berkualitas dan berkomitmen pada nilai-nilai Islam. Sekolah-sekolah ini menyelenggarakan pendidikan Islam yang memadukan nilai-nilai agama dengan pendidikan umum, yang menjadi landasan kuat bagi pengembangan siswa secara holistik.