SD Islam AL Ikhlas terletak di Jalan Cipete III No.3 Jakarta Selatan. Sekolah swasta Islam yang mempunyai visi menghasilkan peserta didik yang berjiwa pemimpin, cerdas dan berakhlak mulia. Visi mulia ini disosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan di SD Islam Al Ikhlas, mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan, orang tua bahkan siswa SD Islam Al Ikhlas. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sekolah yang luar biasa ini, mari membaca dengan Islampluss.com.

Sejarah SD Islam AL Ikhlas:

SD Islam AL Ikhlas

Sekolah Islam Al Ikhlas merupakan sekolah milik masjid yang berada di bawah naungan Yayasan Masjid Al Ikhlas (YMAI).

Yayasan Masjid Al Ikhlas merupakan masjid yang didirikan pada tanggal 11 April 1967 dan terletak di Jl. Cipete 3 No.3 Rt 06 Rw 04 Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. ( https://alikhlas-ymai.id )

Didirikan pada tahun 1980, tepatnya pada bulan Juli. Dan orang pertama yang menjabat sebagai kepala sekolah adalah Drs H. Sadikin AH

Minimnya sekolah dasar yang berbasis Islam menjadi salah satu alasan didirikannya SD Islam Al Ikhlas. Hal ini merupakan wujud nyata kepedulian kami untuk menciptakan generasi yang berakhlak mulia

Saat pertama kali berdiri SD Islam AL Ikhlas hanya mempunyai beberapa kelas saja. Sarana dan prasarana belum memadai. Seiring berjalannya waktu, SD Islam Al Ikhlas dapat berkembang menjadi salah satu sekolah Islam unggulan. Baik sarana prasarana kurikulum pelajaran maupun sumber daya manusianya. Dan yang membanggakan dari SD Islam Al Ikhlas adalah telah banyak menorehkan prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik, baik tingkat nasional maupun internasional.

Semua itu berkat usaha keras dan gigih para siswa di bawah bimbingan para guru dan dukungan orang tua tentunya. Ibarat sebuah keluarga, terjalinlah hubungan yang harmonis antara guru dan murid. Bagi siswa, guru adalah pengganti orang tua yang harus dihormati. Di sisi lain, guru menunjukkan rasa cintanya kepada siswa seperti anak kecil. Keharmonisan tersebut merupakan silaturahmi yang erat antar seluruh elemen masyarakat di SD Islam Al Ikhlas. Harapan kedepannya, SD Islam Al Ikhlas menjadi harapan masyarakat dan menjadi sekolah Islam bertaraf internasional yang berbasis agama.

Visi, Misi dan Program Pembelajaran di SD Islam AL Ikhlas:

SD Islam AL Ikhlas

1. Penglihatan

Memiliki akhlak mulia, kecerdasan, akhlak unggul dan peduli terhadap lingkungan.

2. Misi

  • Menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta rasa cinta kepada Rasul-Nya.
  • Menanamkan dan menumbuhkan rasa hormat dan kasih sayang terhadap orang tua, guru dan lain-lain.
  • Merekrut dan mengembangkan sumber daya manusia yang profesional.
  • Mengembangkan potensi bakat peserta didik dengan pembelajaran yang terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup berbasis pendidikan agama Islam, aktif menantang dan menyenangkan dalam lingkungan yang kondusif.
  • Menanamkan kejujuran dan tanggung jawab serta disiplin, Nasionalisme Patriotisme selalu diterapkan.
  • Menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap alam dan lingkungan.

3. Kurikulum

Kurikulum yang digunakan sekolah pada tahun ajaran 2017/2018 mengacu pada ketentuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk kelas 1 dan 4 digunakan kurikulum 2013, sedangkan kurikulum yang digunakan untuk kelas 2, 3, 5 dan 6 adalah kurikulum 2006.

Pembelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan tematik terpadu dimana setiap pembelajaran diintegrasikan dengan pembelajaran lainnya dalam satu tema. Pembelajaran yang diintegrasikan dalam tema adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Kerajinan.

Pembelajaran pada kurikulum 2006 dibagi menjadi 2 yaitu kelas bawah (kelas 2 & 3) dan kelas atas (kelas 5 & 6). Pembelajaran di kelas bawah menggunakan pembelajaran tematik terpadu, sedangkan di kelas atas berbasis mata pelajaran.

Program Unggulan:

SD Islam AL Ikhlas

1. Program Tahfiz

Program Tahfidz di SD Islam Al-Ikhlas Cipondoh menggunakan metode Ummi. Tahfidz diajarkan di sekolah setiap hari sekolah (Senin-Jumat). Siswa pada setiap tingkatan dibagi menjadi beberapa kelompok (maksimal 14 siswa dalam 1 kelompok) berdasarkan kemampuannya (akan dilakukan tes penempatan sebelum pembagian kelompok). Setiap kelompok akan didampingi oleh seorang guru Alquran.

Target hafalan sampai tamat SD minimal 1 juz (juz 30). Setelah menyelesaikan hafalan juz 30 dan membaca Al-Qur’an akan diambil tes berupa Munaqosah (tes kemampuan yang dilakukan pihak luar) dan Imtihan (tes umum).

2. Sholat Dhuha

Sholat Dhuha dilaksanakan di sekolah pada pukul 09.10 WIB sebelum istirahat pertama. Amalan Sholat Dhuha adalah melatih santri untuk mencintai ibadah, tidak hanya ibadah wajib namun juga ibadah sunnah. Sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur dan menanamkan rasa cinta kepada Allah SWT.

3. Sholat Dzuhur Berjamaah

Sholat dzuhur berjamaah untuk siswa kelas 1-3 dan siswa kelas 4-6 dilaksanakan di kelas masing-masing dengan didampingi oleh wali kelas. Untuk siswa kelas 4-6 dilaksanakan di masjid Al Ikhlas dengan didampingi ustadz dan tahfidz (laki-laki). Untuk kelas 1-3, bacaan salat dibacakan oleh seluruh siswa agar guru dapat mengoreksi bacaan dan gerakan salat yang salah.

4. Sholat Jumat.

Sholat Jumat dilaksanakan oleh siswa kelas 4-6 di masjid Al Ikhlas dengan didampingi oleh guru laki-laki. Pembiasaan ini bertujuan agar siswa mengetahui adab dan kerukunan dalam melaksanakan shalat Jumat sehingga siswa dapat melaksanakan shalat Jumat dengan baik.

5. Tadarus Al-Qur’an

Kegiatan tadarus Alquran untuk siswa kelas 4-6 dilaksanakan di aula SDI Al Ikhlas setiap hari Jum’at dengan didampingi oleh wali kelas dan guru tahfidz sebelum pelaksanaan sholat Jumat. Tadarus Al-Qur’an ini untuk meningkatkan kualitas bacaan siswa dalam membaca Al-Qur’an.

6. Putri

Kegiatan putri dilaksanakan oleh seluruh siswi kelas 4-6 di Aula SDI Al Ikhlas. Waktu pelaksanaannya pada hari Jumat setelah kegiatan tadarus Al Quran dan salat Dzuhur berjamaah. Kegiatan ini diisi dengan diskusi mengenai yurisprudensi perempuan.

7. SERASI (Sekolah SDI Al Ikhlas Ramadhan)

Kegiatan Serasi ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan oleh siswa kelas 1-6 untuk menambah pengetahuan tentang Islam. Bentuk kegiatannya bermacam-macam, mulai dari mengaji, membuat kaligrafi, menonton film Islami, mendengarkan cerita teladan dan permainan (melanjutkan ayat, kuis Al-Qur’an) serta kegiatan ifthor jama’i bersama-sama. orang tua. Untuk kelas 5 kegiatan rukun dipadukan dengan kegiatan mabit (malam hari untuk membangun keimanan dan ketakwaan) didampingi guru, dimana siswa bermalam di sekolah dan bermalam dengan kegiatan seperti sholat tarawih, mendengarkan tausiyah, sholat tahajjud dan lain sebagainya. .