Islam adalah salah satu agama terbesar di dunia yang dibangun di atas keyakinan agama yang kuat bagi seluruh umat Islam. Setiap umat Islam di dunia diharapkan menganut lima Pidato Tentang Rukun Islam yang merupakan landasan agama bagi kehidupan umat Islam. Meskipun Islam terdiri dari Syiah dan Sunni, mereka semua mengakui lima Pidato Tentang Rukun Islam sebagai bagian penting dari agama mereka. Lanjutkan membaca dengan Islampluss.com untuk mempelajari lebih lanjut:

Rukun yang lima menguraikan kehidupan yang harus dilalui oleh seluruh umat Islam menurut hadis Jibril. Kehidupan seorang muslim dikendalikan oleh lima rukun melalui cara hidup, shalat, berhubungan dengan orang lain dan selama menunaikan ibadah haji. Semua umat Islam diwajibkan untuk memenuhi lima Pidato Tentang Rukun Islam selama hidup mereka yaitu: Syahadat, Sholat, Sawm, Zakat dan Haji.

Apa rukun Islam yang ke 5?

Rukun Islam Kelima mungkin yang paling penting. Haji merupakan ibadah haji yang wajib dilakukan setiap umat Islam ke kota Mekkah minimal satu kali seumur hidup. Awalnya, ini adalah perjalanan tahunan untuk mengunjungi rumah Tuhan atau Ka’bah. Lebih dari dua juta Muslim melakukan haji ke Mekah setiap tahun.

Mengapa ada 5 rukun Islam? Rukun Islam ada lima karena Allah hanya meminta lima kewajiban umatnya. Umat ​​Muslim harus menyatakan keimanan mereka kepada Allah, shalat lima waktu, bersedekah kepada mereka yang kurang beruntung, berpuasa di bulan Ramadhan, dan melakukan satu perjalanan ke Mekah selama hidup mereka.

Pidato Tentang Rukun Islam

1. Syahadat

Pidato Tentang Rukun Islam
Pidato Tentang Rukun Islam

Ini adalah pilar pertama yang membantu umat Islam untuk mengembangkan keimanan yang kuat terhadap Islam dengan menerima bahwa hanya ada satu Tuhan (Allah) yang memiliki Muhammad sebagai utusannya. Kalimah adalah bacaan untuk seluruh umat Islam berdasarkan rukun pertama yang menunjukkan keimanan total seorang umat Islam kepada satu-satunya Tuhan yang ada.

Pilar tersebut menjadi landasan untuk beribadah kepada Tuhan dan menerima petunjuk dari Muhammad sebagai utusannya. Pembacaan yang mengakui keesaan Tuhan harus dibaca setiap hari selama sholat dan acara keagamaan penting lainnya. Namun bagi yang baru masuk agama Islam wajib mempelajari tafsir tersebut sebagai wujud komitmen total terhadap agama tersebut.

2. Salat (salah)

Sebagai rukun kedua, merupakan landasan shalat Islami, yang dilandasi oleh kenyataan bahwa setiap orang mempunyai hubungan langsung dengan Tuhan melalui shalat. Salat dikategorikan ke dalam lima kelompok salat yang dikerjakan sehari-hari berdasarkan waktu salat tersebut dibacakan.

Umat Islam yang tinggal di sekitar Mekkah diwajibkan mengunjungi tempat tersebut sebanyak lima waktu dalam sehari untuk menunaikan salat, namun mereka yang berada jauh wajib salat sambil menghadap ke arah kota ini. Sholat Subuh disebut Subuh, dilanjutkan dengan Dhuhur di siang hari dan Ashar di sore hari. Maghrib dilakukan pada malam hari, namun shalat terakhir pada malam hari disebut Isya. Setiap shalat harus dilakukan setelah mandi sebagai indikasi bersuci yang disebut sebagai wudhu dalam Islam.

Mualaf baru diajarkan bacaan dan posisi-posisi yang wajib dilakukan saat shalat karena ada berbagai macam postur yang diwajibkan saat berdiri atau duduk. Selain itu, pembacaan Salat dapat dilakukan sendiri-sendiri atau berkelompok di tempat mana pun yang nyaman, namun ibadah Jumat terbatas di masjid. Salat digunakan untuk meningkatkan komunikasi individu dengan Tuhan.

3. Zakat

Pidato Tentang Rukun Islam
Pidato Tentang Rukun Islam

Inilah Pidato Tentang Rukun Islam keempat yang mewajibkan seluruh umat Islam ikut serta dalam bersedekah sesuai kemampuan dan kekayaan yang terkumpul. Berpartisipasi dalam kegiatan amal untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung dianggap sebagai pengabdian kepada Tuhan yang harus dilakukan semua umat Islam dalam hidup mereka.

Zakat membantu mengurangi kesenjangan ekonomi di masyarakat dengan menyumbangkan 2,5% dari akumulasi kekayaan Anda untuk membantu orang miskin. Namun, mereka yang berkemampuan lebih tinggi dapat berdonasi lebih dari 2,5% menurut sedekah untuk mendapatkan pahala lebih dari Tuhan. Semua orang yang memberikan zakat diwajibkan untuk memberitahukan kepada Allah tentang hal itu, memberikannya pada tanggal yang ditentukan dan mengucapkan doa biasa tanpa memikirkannya. Selain itu, setiap orang harus memberikan Zakat dalam bentuk natura dan membagikannya kepada orang lain. Zakat digunakan untuk membantu meningkatkan taraf hidup orang-orang miskin di masyarakat.

4. Sawm

Pidato Tentang Rukun Islam
Pidato Tentang Rukun Islam

Puasa dalam agama Islam didasarkan pada rukun keempat yang mewajibkan puasa dilakukan pada bulan suci Ramadhan. Diakui oleh kitab suci Islam bagi seluruh umat Islam untuk menjalani puasa sebagai wujud ibadah pribadi yang mendalam. Al-Qur’an memberikan petunjuk tentang bagaimana puasa harus dilakukan sebagai persiapan bagi setiap Muslim untuk mengalami penderitaan yang dialami orang-orang miskin.

Bulan suci puasa terjadi setelah terlihatnya bulan baru dimana seluruh umat Islam tidak boleh makan atau minum dari pagi hingga sore hari. Setelah masa puasa selesai, akan diadakan jamuan makan khusus untuk menandai berbuka puasa. Perayaan akan dilakukan selama tiga hari dimana setiap orang akan bersatu satu sama lain dan memberikan hadiah kepada anak-anak. Sawm digunakan untuk memuji Tuhan dan mempererat keakraban melalui doa.

5. Haji

Ini adalah Pidato Tentang Rukun Islam kelima yang mengharuskan semua umat Islam yang mampu untuk mengunjungi Mekah sekali seumur hidup mereka dan menunjukkan kewajiban penuh terhadap persyaratan agama Islam. Merupakan pilar yang sangat penting dalam agama Islam karena Mekah dianggap sebagai kota suci dalam agama Islam.

Hal ini dilakukan mirip dengan ziarah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Baik pria maupun wanita diharuskan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dan menyentuh batu hitam selama haji. Haji digunakan untuk menunjukkan keimanan Islam dan persatuan di kalangan umat Islam di dunia.