Pernikahan Islami Sederhana

Selain mempersiapkan tabungan pernikahan, resepsi menjadi salah satu aspek yang perlu dipikirkan matang-matang. Salah satu konsep acara yang direkomendasikan untuk diterapkan adalah Pernikahan Islami Sederhana.

Tema resepsi ini bisa menjadi inspirasi pernikahan yang tepat jika Anda menginginkan acara yang bernuansa Islami. Nah, yuk simak artikel islampluss.com berikut ini untuk mengetahui berbagai Pernikahan Islami Sederhana.

Pernikahan Islami Sederhana:

Pernikahan Islami Sederhana merupakan sebuah konsep resepsi yang banyak digunakan oleh umat Islam untuk mematuhi syariat agama. Meski diusung dengan nuansa Islami, namun pernikahan dengan tema tersebut tetap bisa dilaksanakan sesuai selera masyarakat modern.

Namun perlu diketahui bahwa konsep yang disampaikan harus tetap sesuai dengan syariat agama Islam. Beberapa Pernikahan Islami Sederhana yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut.

1. Melakukan akad nikah dengan konsep syar’i

Pernikahan Islami Sederhana

Salah satu Pernikahan Islami Sederhana adalah melaksanakan akad nikah dengan konsep syar’i. Berdasarkan ajaran Islam, calon pengantin perlu dipisahkan terlebih dahulu pada saat akad nikah.

Hal ini dilakukan karena dalam proses akad nikah, perempuan tersebut belum sah menjadi istri. Oleh karena itu, kedua belah pihak perlu dipisahkan terlebih dahulu pada saat prosesi akad dan dapat dipertemukan kembali setelah akad nikah selesai.

2. Menggunakan Lagu Pernikahan Islami Sederhana

Pernikahan Islami Sederhana berikutnya adalah menghindari lagu-lagu bergenre pop romantis.

Sebaliknya, Anda bisa menggunakan lagu-lagu pernikahan Islami saat proses resepsi, seperti karya Maher Zain, Irfan Makki, Humood Alkhudher, atau penyanyi lainnya. Dengan begitu, nuansa Islami dalam pernikahan Anda akan semakin terasa.

3. Ruang Penerimaan Terpisah

Tema pernikahan Islami berikutnya adalah dengan menggunakan ruang resepsi yang terpisah antara tamu undangan pria dan wanita. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya ikhtilat atau kondisi ketika laki-laki dan perempuan yang bukan mahram berbaur dalam satu ruangan.

Selain itu, konsep resepsi ini juga bisa membuat pernikahan lebih berkah dengan tidak mencampurkan pria dan wanita.

4. Sajikan makanan secukupnya

Tema pernikahan Islami lainnya adalah Anda perlu menyajikan makanan secukupnya dan tidak berlebihan. Cara ini diperlukan agar makanan tidak terbuang sia-sia dan menimbulkan sampah.

Nah, untuk menatanya, Anda bisa meminta tim wedding organizer untuk membuat detail porsi sesuai jumlah tamu undangan. Dengan begitu, kemungkinan terbuangnya makanan bisa dicegah.

Namun jika makanan di resepsi masih berlebih, Anda bisa menyumbangkannya kepada orang yang membutuhkan agar tidak terbuang percuma.

5. Tidak menyediakan makanan haram dan minuman beralkohol

Tidak menyediakan makanan dan minuman yang haram atau dilarang syariat juga menjadi salah satu tema pernikahan Islami yang perlu dilaksanakan.

Pada dasarnya hukum Islam mengatur beberapa jenis makanan dan minuman yang dilarang untuk dikonsumsi. Misalnya saja minuman yang memabukkan, daging anjing, daging babi, atau beberapa jenis makanan lainnya.

Jadi, dengan mengaplikasikan tema pernikahan Islami ini, resepsi Anda akan semakin berkah.

6. Melaksanakan jadwal acara sesuai syariah

Pernikahan Islami Sederhana

Tema pernikahan Islami berikutnya adalah menerapkan jadwal resepsi yang sesuai dengan syariat agama.

Contoh penataan pernikahan secara islami adalah tidak menerapkan konsep standing party. Sebab, konsep ini akan menyulitkan tamu undangan untuk mendapatkan tempat duduk.

Di sisi lain, konsep resepsi juga akan melibatkan tamu undangan yang makan sambil berdiri.

Padahal, dalam syariat Islam, masyarakat dianjurkan duduk saat makan dan minum.

7. Gunakan riasan dan pakaian yang tidak berlebihan

Tema pernikahan Islami yang terakhir adalah mempelai wanita bisa diberi riasan dan pakaian yang simpel atau tidak berlebihan.

Contoh riasan dan pakaian berlebihan antara lain berhijab punuk unta, memakai kebaya ketat, mencukur alis, bahkan menggunakan bulu mata palsu.

Nah, agar konsep busana dan tata rias terlihat lebih Islami, wanita bisa diberikan kebaya atau pakaian yang tidak ketat dan jilbab yang menutupi dada. Dengan begitu, konsep pernikahan Anda akan lebih berkah dan tidak penuh nafsu.

8. Undangan dan souvenir bermanfaat

Salah satu hal yang paling ribet dan mahal adalah penyediaan souvenir dan undangan pernikahan. Jika undangan dapat diminimalisir dengan cara mengundang melalui website atau media online lainnya, hal ini akan menekan biaya pembuatan undangan seminimal mungkin. Dan undangan yang telah dibuat tidak akan terbuang sia-sia karena akan dibuang begitu saja jika tidak digunakan.

Misalnya membuat undangan dalam bentuk tote bag atau kipas angin. Kedengarannya aneh, bukan? Namun hal ini lebih bermanfaat karena tidak akan terbuang sia-sia seperti undangan kertas biasa. Souvenir Anda bisa memilih souvenir pernikahan yang bermanfaat, misalnya gelas, termometer, sapu tangan, dll.

Tips Menggunakan Konsep Pernikahan Islami Sederhana:

Pernikahan Islami Sederhana

Pada umumnya melangsungkan pernikahan memerlukan pertimbangan yang matang dari kedua keluarga. Apalagi menggunakan konsep pernikahan Islami sederhana yang jarang digunakan.

Suksesnya sebuah acara pernikahan Islami adalah berkat doa dan kerja keras yang membantu mempersiapkan segala kebutuhan. Bagi Anda yang tertarik dengan konsep ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Periksa Keuangan

Tips yang pertama adalah dengan mengecek keuangan calon pengantin. Dengan mengetahui keuangan Anda, proses penghitungan segala kebutuhan pernikahan Islami dapat terwujud.

2. Buat Detail Pernikahan

Tips yang kedua adalah membuat detail acara pernikahan, mulai dari biaya mengundang pihak yang merayakan ke masjid atau rumah hingga konsumsi makanan. Sehingga Anda akan mengetahui nominal biaya yang diperlukan untuk melangsungkan pernikahan Islami.

3. Konsultasi dengan Wedding Planner

Jika Anda bingung merencanakan atau menentukan kebutuhan pernikahan Anda, Anda bisa menggunakan jasa wedding planner. Dengan menggunakan jasa wedding planner maka segala kebutuhan dan prosesi pernikahan Anda akan berjalan dengan lancar.

Pastikan untuk mendiskusikan terlebih dahulu konsep pernikahan Islami sederhana yang Anda inginkan. Selain itu, beritahukan kepada wedding planner mengenai anggaran pernikahan Anda.

4. Putuskan Bersama Keluarga dan Pasangan

Tips terakhir adalah menentukan segala perlengkapan untuk acara pernikahan bersama pasangan atau keluarga. Hal ini untuk menghindari prasangka buruk atau kesalahpahaman dalam memilih konsep pernikahan Islami sederhana.

Kesimpulan:

Nah, itulah 8 konsep pernikahan Islami yang menurut saya layak untuk Anda coba wujudkan. Sebab konsep pernikahan islami akan menjadikan kedua mempelai mendapatkan keberkahan dalam hidupnya dimulai dari proses yang penuh dengan kebaikan. Semoga bermanfaat.