Games Islami Berkelompok

Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, ada baiknya jika guru telah mempersiapkan metode yang tepat untuk mengaktifkan atau meramaikan suasana kelas. Sebab tidak sedikit siswa yang merasa bosan atau jenuh dengan pembelajaran di kelas, apalagi jika sudah mempelajari berbagai mata pelajaran. Salah satu cara untuk menghidupkan kembali kelas ketika siswa mulai bosan adalah dengan mengadakan permainan kelompok yang seru.

Selain bersifat menghibur, kegiatan kelompok di dalam kelas dapat menumbuhkan kerja sama, meningkatkan daya ingat, fokus, dan mengurangi kebosanan. Terlibat dalam Games Islami Berkelompok juga dapat menumbuhkan lebih banyak hubungan sosial antara siswa dan guru mereka serta antar siswa. Pendekatan ini sangat bermanfaat dalam menghidupkan kembali semangat siswa untuk belajar dan menghidupkan lingkungan kelas.

Bermain Games Islami Berkelompok secara berkelompok di kelas juga sering disebut sebagai “Ice Breaker”, yaitu peralihan dari situasi yang membosankan, membuat mengantuk, tegang menjadi lebih bersemangat. Salah satu alasan diadakannya permainan kelompok adalah karena siswa mempunyai konsentrasi yang terbatas untuk menyerap informasi sekitar 20-30 menit. Jadi, jika siswa dituntut menyerap materi pembelajaran secara terus menerus, maka mereka tidak akan konsentrasi dan materi pembelajaran akan sulit masuk ke otak.

7 Games Islami Berkelompok Seru untuk Mengisi Pembelajaran Kelas

Dengan melakukan permainan secara berkelompok, siswa akan merasakan pembelajaran yang menyenangkan dan menyenangkan. Permainan ini dapat dilakukan setelah atau sebelum belajar, sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak permainan kelompok menyenangkan yang dapat dimainkan siswa di kelas, Islampluss.com menyarankan 7 diantaranya, yaitu:

Games Islami Berkelompok
Games Islami Berkelompok

1. Gerakan dan Lagu

Permainan gerak dan lagu yang dimainkan di kelas dapat membangkitkan semangat belajar siswa dan menyegarkan pikiran. Pembelajaran melalui permainan gerakan dan lagu sangat bervariasi, Anda bisa mencari lagu dan gerakan yang tepat, misalnya menggunakan lagu “Marina menari di atas menara”, “baby shark”, hingga lagu “kepala bahu lutut kaki”.

Permainan ini dapat membantu siswa fokus dengan mengharuskan mereka mengkoordinasikan gerakan dan lagu satu sama lain, selain menghilangkan kebosanan belajar. Biar makin seru, kamu bisa memainkan Games Islami Berkelompok ini dengan aturan “semakin lama permainan, semakin cepat lagu dan gerakannya”.

2. Kata Dalam Surat Terakhir

Kata pada huruf terakhir merupakan permainan yang dapat dimainkan secara berkelompok di kelas, dengan tujuan untuk menambah kosa kata siswa dan melatih siswa berpikir cepat. Permainan ini dimainkan oleh seluruh siswa di kelas selama 25 menit.

Caranya adalah dengan meminta siswa duduk melingkar, menunjuk seseorang yang menentukan kata pertama, kemudian dilanjutkan secara berurutan memikirkan “kata yang dimulai dengan huruf terakhir dari kata sebelumnya”.

Misalnya kata pertama “Cantik”, lalu kata berikutnya “Kita”, (Pada kata “Cantik”, huruf terakhir “K”, lalu kata berikutnya “Kita”.), lalu “Api” , lalu “Ikan”.

Kata-kata yang telah diucapkan sebelumnya tidak dapat diucapkan lagi oleh orang lain. Permainan berlanjut sampai seseorang tidak dapat menemukan kata yang tepat. Anda juga bisa mengganti kosakatanya dengan bahasa Inggris. Sehingga siswa dapat menambah kosa kata baru dengan cara yang menyenangkan.

3. Kelipatan 4

Games Islami Berkelompok
Games Islami Berkelompok

Games Islami Berkelompok menyenangkan berikutnya adalah “Kelipatan 4”, permainan ini membentuk kelompok yang terdiri dari seluruh siswa di kelas. Selain menyenangkan, permainan ini juga dapat menghilangkan rasa bosan siswa, mendorong siswa berhitung dan melatih konsentrasi siswa.

Sebagai seorang guru, Anda harus menginstruksikan permainan ini agar berjalan dengan lancar. Caranya, Anda dapat menunjuk siswa secara acak, siswa yang ditunjuk harus menghitung dengan angka, dan untuk siswa dengan kelipatan 4 dapat dikatakan “boom”.

Kelipatan 4 adalah, 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28, dan seterusnya. Jika dimasukkan ke dalam Games Islami Berkelompok akan terlihat seperti, 1, 2, 3, boom, 5, 6, 7, boom, 9, 10, 11, boom, dan seterusnya.

Jika siswa melakukan kesalahan dan kurang konsentrasi maka akan mendapat hukuman yang ringan seperti menyanyi atau menari dan lain-lain. Anda juga dapat menentukan kelipatan Anda sendiri untuk dimainkan.

4. Mengikuti Instruksi

sesuai dengan namanya, “Mengikuti Petunjuk” adalah sebuah permainan yang mungkin dimainkan oleh siswa di kelas dimana mereka harus melakukan apa yang dikatakan gurunya. Strategi pengajaran melibatkan penempatan siswa ke tempat duduk yang telah ditentukan, dan mengharuskan mereka memperhatikan apa yang dikatakan guru dan melakukan apa yang dikatakan guru.

Siswa diharapkan menaati instruksi jika guru mengatakan, “Kata Bos” sebelum menyampaikannya. Siswa tidak wajib menuruti arahan guru, namun demikian jika guru tidak menyebutkan kalimat “kata bos”.

Sebagai gambaran, ketika dosen pembimbing berkata, “Angkat tangan”, maka siswa juga melakukan hal yang sama. “turunkan tangannya”, murid dibebaskan dari keharusan melakukan hal tersebut karena guru tidak menggunakan frasa “kata bos”. Anda harus melakukan apa yang diperintahkan sambil juga mematuhi perintah.

Untuk meningkatkan kecepatan, kelincahan, dan fokus siswa, mainkan permainan dengan cepat. Anda dapat memberikan hukuman ringan kepada murid yang tidak memperhatikan.

5. Lanjutkan Ceritanya

Games Islami Berkelompok
Games Islami Berkelompok

Permainan edukasi lainnya adalah “Hubungkan Cerita. Permainan ini tidak hanya menyenangkan dan dapat menghilangkan rasa bosan, namun dapat melatih kemampuan kolaboratif siswa di kelas.

Caranya, pertama-tama siswa duduk melingkar, kemudian menyiapkan gambar apa saja, dan menunjuk siswa yang dapat membuat cerita pertama berdasarkan gambar tersebut. Setelah itu, cerita dilanjutkan oleh siswa berikutnya. Cerita yang diberikan setiap siswa tidak banyak, cukup sekitar 1 paragraf saja. Lanjutkan cerita sampai siswa terakhir.

Melalui permainan ini, siswa diajak untuk meningkatkan imajinasinya dan berlatih berkolaborasi dengan temannya untuk menciptakan cerita yang lengkap dan logis.

6. Hal Berirama

Sebuah permainan bernama “Objek Irama” dimainkan di kelas di mana lagu digunakan untuk mencocokkan objek. Benda tersebut diteruskan kepada masing-masing siswa dan diiringi dengan lagu, bila lagu berhenti maka benda tersebut juga akan berhenti. Siswa yang menemukan benda pada saat lagu berhenti akan diberikan tebakan. Jika siswa tidak dapat menjawab tebakannya maka siswa akan memberikan hukuman ringan.

7. Pagi, Siang dan Malam

Games Islami Berkelompok
Games Islami Berkelompok

Permainan “Pagi, Siang dan Sore” berpindah kelas mempunyai manfaat menghilangkan rasa bosan siswa, membuat siswa berkonsentrasi, merangsang kecepatan mendengar dan berpikir siswa, serta menciptakan suasana yang menyenangkan.

Cara bermainnya guru dapat bercerita dengan menggunakan kata pagi, siang dan sore. Ketika siswa mendengar kata “pagi” mereka akan bertepuk tangan sebanyak tiga kali, kata “siang” bertepuk tangan sebanyak dua kali, dan kata “sore” siswa akan memejamkan mata.

Untuk melatih konsentrasi, guru dapat menyebutkan waktu secara acak. Siswa yang kurang cepat merespon permainan akan mendapat hukuman ringan.

Itulah 7 permainan kelompok menyenangkan yang bisa dilakukan untuk mengisi kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan memainkan permainan ini siswa tidak merasa bosan dan dapat mempererat hubungan satu sama lain.

Kamu juga bisa menyaksikan video kejar-kejaran berikut tentang strategi belajar digital dengan permainan menarik, yuk disimak!