Nama Kelas Islami

Nama kelompok santri di pesantren sebagai lembaga nonformal atau di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang bernuansa Islami dan maknanya mungkin dibutuhkan oleh masyarakat. Alasannya karena dalam proses mengenal makna setiap huruf singkatan ini akan membentuk kesatuan dan menghilangkan tanda-tanda tidak betah berada di pesantren.

Oleh karena itu, singkatan Nama Kelas Islami merupakan salah satu cara kreatif untuk memberi nama suatu kelas atau kelompok yang mempunyai makna mendalam dari unsur bahasa arab atau keislaman. Namun yang pasti setiap huruf yang digunakan dalam singkatan ini mempunyai arti tersendiri dan berkaitan dengan nilai-nilai Islam yang diajarkan dalam agama Islam. Lanjutkan membaca untuk belajar dengan islampluss.com.

10 Singkatan Nama Kelas Islami

Nama Kelas Islami
Nama Kelas Islami

Penggunaan Nama Kelas Islami yang disingkat mempunyai manfaat yang sangat penting terutama dalam lingkungan pendidikan atau kegiatan kelompok lainnya. Berikut ini contohnya;

1. Kelas IMAN

Singkatan golongan Iman mempunyai singkatan Ikhlas, Mujahidin, Al-Quran, Nurusshafa. Artinya kelas yang mengedepankan keikhlasan dalam segala hal, semangat berjuang dalam agama, memahami dan mengamalkan Al-Quran, serta membawa cahaya hidayah.

2. Kelas TAQWA

Singkatan dari golongan Taqwa adalah Tawakkal, Amanah, Qona’ah, Wara’. Artinya kelas yang mengajarkan bertakwa kepada Allah, menjaga amanah, hidup sejahtera, dan menjauhi sifat curiga.

3. Kelas MORAL

Nama Kelas Islami
Nama Kelas Islami

Singkatan dari golongan Akhlak adalah Akhlaq, Kefahaman, Husnudzan, Luthfiyyah, Amilin yang artinya golongan yang menitikberatkan pada pembentukan akhlak yang baik, pemahaman agama, prasangka baik terhadap Tuhan dan sesama, kelembutan hati, dan beramal shaleh.

4. Kelas KHALIFAH

Singkatannya adalah Kreatif, Hikmah, Amanah, Setia, Istiqamah, Fathonah, Aulia, Hafizhah. Yang dimaksud dengan bentuk kelas yang mengajarkan kreativitas, hikmah, menjaga amanah, kesetiaan, ketabahan dalam beragama, memiliki pemahaman yang mendalam, menjadi wali Tuhan, dan menjaga hafalan Al-Quran.

5. Kelas SOLIDARITAS

Singkatannya sendiri adalah Saling, Umat, Meluruskan, Mengikat, Bersama, As-Sabar, Taqwa, Ukhuwah, Sabar. Jadi artinya adalah bentuk kelas yang menganjurkan untuk saling membantu, berbuat baik, meningkatkan tali silaturahmi antar anggota, bersabar dalam menghadapi tantangan, menjaga ketakwaan, dan menjaga persaudaraan.

6. Kelas QALBUN SAKINAH

Nama Kelas Islami
Nama Kelas Islami

Singkatan dari kelas ini adalah Qana’ah, Alim, Luthfiyyah, Baik hati, Ulet, Niat, Shalih yang artinya kelas yang mendatangkan ketenangan hati dengan meraih kecukupan, berilmu luas, penuh kasih sayang dan baik hati, rajin berbisnis, beramal. . yang ikhlas dan mengamalkan amal shaleh.

7. Kelas RAHMATAN LIL ALAMIN

Singkatannya sendiri adalah Ridha, Amal, Hikmah, Muamalah, Taqwa, Rahmat, Niat. Maknanya adalah sebagai golongan yang berupaya mendapatkan keridhaan Allah, beramal shaleh, hikmah dalam berperilaku, bergaul dengan baik, menjaga ketakwaan, memberikan rahmat kepada semua, dan niat yang ikhlas.

8. Kelas CINTA JIHAD

Singkatannya sendiri adalah Jujur, Tulus, Husnudzan, Amal, Damai. Mungkin ini salah satu bentuk sebutan untuk kelas estetika bahasa Arab karena artinya kelas yang mengajarkan pentingnya jujur, ikhlas dalam segala perbuatan, berakal budi, beramal shaleh dan hidup tenteram.

9. Kelas Berkah HIDUP

Singkatannya adalah Berkah, Amal, Kenikmatan, Kehidupan, Al-Quran, Hidayah, Ikhlas, Doa. Untuk itu dapat dikatakan bahwa nama kelompok mahasiswa estetika ini mempunyai arti golongan yang mencari keberkahan dalam segala hal, beramal shaleh, memohon keridhaan Allah, menjunjung tinggi kehidupan, mengamalkan ajaran Al-Qur’an, mendapat hidayah, ikhlas dalam segala hal. , dan selalu berdoa.

10. KELAS KESABARAN

Singkatannya sebagai bentuk golongan yaitu Keadilan, Etika, Taqwa, Amanah, Qona’ah, Visi, Amal. Adapun maknanya adalah Golongan yang menjunjung tinggi keadilan, mengamalkan etika, mengamalkan kesalehan, menjaga amanah, hidup berkecukupan, berwawasan luas, dan beramal shaleh.

Kesimpulan:

Dari contoh singkatan nama kelas Islam di atas setidaknya menunjukkan betapa beragamnya singkatan Nama Kelas Islami di Indonesia, baik untuk pondok pesantren SD, SMP/MTs/pondok setingkat bahkan SMA/MA/ tingkat pendidikan yang setara.