Nama Angkatan Islami Dan Artinya

Nama kelas dalam dunia pesantren sangat diperlukan, hal ini biasanya dilakukan untuk memudahkan dalam menyebutkan jika ada reonian. Karena di PonPes tentunya Nama Angkatan Islami Dan Artinya biasanya menggunakan ciri-ciri, walaupun tidak bisa dipungkiri kemungkinan ada nama-nama yang menggunakan bahasa Inggris, Arab bahkan Indonesia.

Untuk itu pada artikel kali ini Islampluss.com akan membagikan contoh nama kelas untuk siswa bernuansa Islami beserta artinya.

Sederet nama kelas di pesantren ini kami dapatkan dari beberapa referensi baik di instagram, facebook, bahkan dari praktek penulis sendiri. Biasanya nama generasi ini mulai digunakan pada tahun ajaran baru atau saat mereka masuk pesantren.

Bahkan tak jarang masyarakat melampirkan simbol atau ciri khas, seperti pembuatan kaos, jaket, bahkan PIN, yang kemudian setelah wisuda/wisuda, nama-nama tersebut juga digunakan untuk grup media sosial baik Facebook, WhatsApp, maupun bahkan membuat akun Instagram terpisah.

20 Contoh Nama Angkatan Islami Dan Artinya

Nama Angkatan Islami Dan Artinya
Nama Angkatan Islami Dan Artinya

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa contoh penyebutan Nama Angkatan Islami Dan Artinya, antara lain sebagai berikut;

1. Saqof

Saqof merupakan singkatan dari nama kelas di Pondok Pesantren yang merupakan singkatan dari Santri Sebagai Ratu Pejuang. Nama ini merupakan hasil kerjasama bahasa Arab dan Inggris yang dalam bahasa Arab berarti peneduh/pelindung. Cukup elegan untuk digunakan pada nama kelasmu di Pondok Pesantren bukan?

2. Angsa 27 DF

Nama lain yang bisa digunakan di pesantren adalah Angsa DF yang merupakan singkatan dari Angkatan Santri Darul Falah. Menggunakan nama ini memang paling keren karena tinggal menyesuaikan endingnya saja, misalnya mengganti DF dengan nama pesantrenmu ya?

3. Penghematan

Selanjutnya yang bisa digunakan dalam pembuatan nama kelas di pesantren adalah bahasa inggris yang merupakan singkatan dari Sparkling Future Of Fifth Generation. Penggunaan ini secara tertulis kemudian disingkat menjadi Sparevation. Jelas makna yang bisa diambil adalah masa depan cerah bagi generasi kelima.

4. Friexlif

Selanjutnya yang bisa digunakan dalam penulisan nama kelas adalah Friexlif yang merupakan singkatan dari Friends Prepare Life. Penulisan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Karena penting sekali nama dalam bahasa Inggris juga digunakan di geng kelas atau kelompok di kelas bukan?

5. Alibi

Bagi yang pernah tinggal di pesantren tentunya sudah sangat familiar dengan Kitab Alfiyah Ibnu Malik, karena di Indonesia kitab Nahwu ini sangat terkenal dan sering menjadi wajib untuk dipelajari. Bagi kalian yang berada di kelas ini, kalian bisa menjadikan nama kelas kalian Alibi yang merupakan singkatan dari Alfiyha Ibnu Al Maliki.

6. Syafaat

Selanjutnya yang mungkin bisa menjadi acuan dalam pembuatan Nama Angkatan Islami Dan Artinya ini adalah terkait dengan nama Syafa’at yang berasal dari bahasa Arab. Namun disini digunakan sebagai nama golongan, karena merupakan singkatan dari Santri Ye Akang Fatonah Andap Ssor Tingkahe.

7. D’bilqis

Nama generasi penerus yang bisa dipilih untuk pesantren adalah D’bilqis yang merupakan singkatan dari Dji Of Bil Qudwah Fi Sabilillah. Nama ini bisa menjadi pilihan terbaik karena dengan kolaborasi bahasa Indonesia dan Inggris, singkatan dan ekstensinya menjadi lebih keren.

8. MILLENNIUM18

Nama Angkatan Islami Dan Artinya
Nama Angkatan Islami Dan Artinya

Berikutnya nama kelas di Pondok Pesantren yang bisa digunakan adalah MILLENNIUM 18 yang singkatnya nama singkatan ini mempunyai tampilan Alumni Pondok Pesantren Modern Daarul Uluum Lido 2019, bisa ditiru ya.

9. Ardilas

Selanjutnya yang mungkin bisa menjadi acuan nama kelas di Pondok Pesantren adalah penyebutan Ardilas yang merupakan singkatan dari Arek RU Dua Ribu Dua Belas. Singkatan Ardilas digunakan untuk salah satu nama pesantren yang ada di Lampung. Tentunya Anda bisa mengikuti contoh dalam pembuatannya.

10. Generasi Berbudi Luhur

Daftar contoh nama generasi santri dan artinya yang bisa anda coba adalah Generasi Berbudi Luhur, dimana generasi santri ini digunakan oleh salah satu cabang Pondok Pesantren Gontor.

Artinya merupakan bagian dari generasi yang berakhlak mulia, mengutamakan budi pekerti dan menjunjung tinggi al-akhlaq al-karimah dalam meneguhkan jati diri qiyam Islamiyah dan Gontori, demi terciptanya khairu ummah.

11. Klasik

Klasik merupakan salah satu contoh nama keren untuk kelas pelajar dengan menggunakan bahasa inggris khususnya dalam penamaan dan penggunaan nama kelas untuk pelajar. Ini cocok untuk beberapa Pondok Pesantren Salafiyah lho. Maknanya sendiri klasik yang artinya bisa saja untuk Pondok Pesantren SLafiyah yang identik dengan sistem pendidikan klasik atau kuno namun tetap sesuai dengan kondisi saat ini.

12. صف الوحدة (Saf Al-Wahda)

Singkatan : وفهم (Wafham), حب (Hubb), وحدة (Wahda), تعاون (Ta’awun), إشتياق (Ishtiaq) yang artinya adalah golongan yang mengedepankan pengertian, kasih sayang, persatuan, kerjasama dan kerinduan bersama.

13. صف الإلهام (Saf Al-Ilham)

Singkatan: إبداع (Ibda’), لطف (Lutf), همة (Himmah), إلهام (Ilham), تميز (Tamayyuz), إكتشاف (Iktishaf), مجد (Majd) yang artinya menjadi wujud kelas yang penuh kreativitas, kelembutan , antusiasme, inspirasi, keunggulan, penemuan, dan kemuliaan.

14. صف الحلم (Saf Al-Hulum)

Nama Angkatan Islami Dan Artinya
Nama Angkatan Islami Dan Artinya

Singkatan: حب (Hubb), إحترام (Ihtiram), لهفة (Lahfah), مثابرة (Muthabarah), إبتكار (Ibtikar). Adapun apa artinya menjadi kelas yang penuh cinta kasih, rasa hormat, semangat, ketekunan dan inovasi.

15. صف الريادة (Saf Al-Riyadah)

Singkatannya sendiri adalah رؤية (Ru’iyah), إبتكار (Ibtikar), يقظة (Yaqzah), أمانة (Kepercayaan), دهاء (Dahaa’) yang artinya menjadi golongan yang mempunyai visi, inovasi, kewaspadaan, integritas dan kecerdasan.

16. صف الصداقة (Saf Al-Sadqah)

Singkatan: صداقة (Sadqah), أخوة (Akhawah), دعم (Da’m), أمانة (Kepercayaan), قوة (Quwah), حماس (Hamas) yang artinya adalah golongan yang bercirikan persahabatan, persaudaraan, dukungan, integritas, kekuatan, dan antusiasme.

17. صف التفوق (Saf Al-Tafaquq)

Singkatan: تطور (Tatawwur), إبداع (Ibda’), فهم (Fahm), تفان (Tafaan), إجتهاد (Ijtihad), قوة (Quwah) yang artinya menjadi kekuatan untuk berkembang, berkreasi, memahami, berdedikasi, berusaha keras , dan jadilah kuat.

18. صف السعادة (Saf Al-Sa’adah)

Singkatannya adalah سعادة (Sa’adah), تفاؤل (Tafa’ul), حميمية (Hamiimiyah), إنجاز (Injaaz), وفاء (Wafaa’) yang artinya menjadi golongan yang penuh kebahagiaan, optimisme, kedekatan, prestasi dan kesetiaan.

19. صف الجهاد (Saf Al-Jihad)

Singkatannya adalah جد (Jidd), همة (Himmah), إخلاص (Ikhlaas), جهاد (Jihad), علم (Ilm), دعوة (Dakwah) yang artinya golongan yang bersungguh-sungguh, mempunyai semangat, keikhlasan, juang, ilmu, dan berkhotbah.

20. صف العزم (Saf Al-‘Azm)

Singkatan : عزم (Azm), لهفة (Lahfah), إصرار (Israar), قوة (Quwah), مثابرة (Muthabarah) yang artinya adalah menjadi generasi atau golongan yang penuh dengan tekad, semangat, ketabahan, kekuatan dan ketekunan.

Kesimpulan:

Nah itulah nama-nama singkatan yang ada di Pondok Pesantren beserta singkatan dan artinya. Baik dibuat dalam bahasa Inggris atau Arab. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan dan menambah akronim pada nama singkatan Anda. Terima kasih, jika ada tambahan jangan lupa berikan masukan di kolom komentar.